Jumat, 31 Mei 2013

Hari Anti Tembakau

LINDUNGI PEROKOK PASIF BERANTAS  PEROKOK AKTIF

stop_smoking_or_stop_living_by_pdcunha
Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati pada 31 Mei 2013. Fokus peringatan hari tanpa tembakau sedunia adalah menyoroti risiko kesehatan terkait dengan penggunaan tembakau dan advokasi kebijakan yang efektif untuk mengurangi konsumsi tembakau. World Health Organization (WHO) sebagai organisasi kesehatan dunia menyoroti hal utama dalam peringatan ini dengan melarang iklan, promosi, dan sponsor rokok.
Rokok mempunyai dampak positif dan negative. Dampak positifnya yaitu membantu perekonomian petani tembakau dan income Negara, namun lebih banyak dampak negatifnya. Rokok membunuh hampir 6 juta orang setiap tahun, di antaranya lebih dari 5 juta berasal dari penggunaan tembakau secara langsung (perokok aktif) dan lebih dari 600.000 yang tidak merokok namun terpapar asap rokok (perokok pasif). Indonesia menduduki posisi peringkat ke 3 dengan jumlah perokok terbesar di dunia setelah China dan India dan tetap menduduki posisi peringkat ke 5 konsumen rokok terbesar setelah China, Amerika Serikat, Rusia, dan Jepang.

Produk tembakau adalah produk yang seluruhnya atau sebagian terbuat dari daun tembakau sebagai bahan baku, yang dimaksudkan untuk merokok, mengisap, mengunyah atau dihabisi. Semua mengandung bahan psikoaktif yang sangat adiktif, termasuk nikotin. Penggunaan tembakau merupakan salah satu faktor risiko utama untuk sejumlah penyakit kronis, termasuk kanker, penyakit paru-paru, dan penyakit kardiovaskular. Sejumlah negara telah membatasi legislasi iklan rokok, dan mengatur siapa yang dapat membeli dan menggunakan rokok, dan di mana orang bisa merokok, termasuk di Indonesia (4).
Rokok adalah salah satu Produk Tembakau yang dimaksudkan untuk dibakar dan dihisap dan/atau dihirup asapnya, termasuk rokok kretek, rokok putih, cerutu atau bentuk lainnya yang dihasilkan dari tanaman Nicotiana tabacum, Nicotiana rustica, dan spesies lainnya atau sintetisnya yang asapnya mengandung nikotin dan tar, dengan atau tanpa bahan tambahan. Rokok diketahui mengandung beberapa bahan yang berbahaya, antara lain :
1. Nikotin : Memiliki efek peningkatan denyut jantung dan peningkatan tekanan darah.
2. Amonia : Zat ini biasa ditemukan dalam pembersih toilet.
3. Aseton : Zat ini sering digunakan dalam remover cat kuku.
4. Vinyl chloride : Zat ini biasa digunakan sebagai bahan plastik atau pipa PVC.
5. Kadmium : Logam sangat beracun yang digunakan dalam batu baterai.
6. Napthtalene : Zat pestisida yang digunakan dalam kapur barus.
7. Karbon monoksida : Gas beracun yang dilepaskan oleh knalpot kendaraan bermotor.
8. Tar : Zat yang menyebabkan noda kuning kecoklatan pada gigi.
9. Sianida : Gas mematikan.
10. Formaldehida : Cairan beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
11. Arsenik : Zat yang sangat beracun bagi tubuh manusia banyak terdapat dalam racun tikus
Jelaslah sudah dalam rokok  semua racun jadi satu.
berikut ini merupakan Efek samping akibat penggunaan rokok yang wajib kita tahu, antara lain :
Rambut Rontok, Katarak, Kulit Keriput, Kanker Kulit, Hilangnya Pendengaran, Osteoporosis, Karies, Emphysema, Penyakit Jantung, Kanker, Disklori Jari-jari, Tukak Lambung, Kanker Uterus, Psoriasis, serta Penyakit Beurger
untuk itu MATIKAN Rokok anda atau Rokok yang akan MEMATIAKN anda. 

0 komentar:

Posting Komentar